Saturday, March 11, 2017

Ingin Sinyal HSDPA EVDO Kuat Baca Tipsnya Disini !!!

Ingin Sinyal HSDPA EVDO Kuat Baca Tipsnya Disini !!!


Ingin Sinyal HSDPA / EVDO Kuat ??? Baca Tipsnya Disini !!!
Saat koneksi internet yang kita gunakan begitu lambat dan ditambah lagi kualitas jaringan / sinyal di daerah sekitar yang tidak bagus, masih ditambah lagi juga dengan habisnya paket kuota internet yang kita gunakan. Padahal dari pihak ISP bilang masih bisa nembus kecepatan hingga 64 kbps setelah habis kuota. Atau yang menggunakan axis bisa nembus kecepatan hingga 128 kbps, tapi kenyataannya tidak sesuai dengan harapan.

Kondisi seperti yang saya sampaikan di atas adalah murni yang saya alami sebelumnya. Saat hal itu terjadi, saya selalu sibuk mencari dan mencari di google tentang apa saja hal-hal yang berbau cara meningkatkan kecepatan internet. Entah itu dengan menggunakan software internet, pakai inilah, pakai itulah, tapi hasilnya nol besar. Yang ada saat menginstall software-software internet, settingan internet Windows jadi berantakan, koneksi internet malah semakin lambat.

Pernahkah kawan mengalami kejadian seperti yang saya alami? Jika pernah dan saat ini masih saja melakukan cara-cara di atas, mulai sekarang berhentilah. Karena hal itu tidak akan menyelesaikan masalah. Jika memang kulitas jaringan / sinyal yang lemah, tidak bisa di akali dengan software internet

Yang harus kita lakukan adalah dengan mencari tahu bagaimana caranya agar modem yang kita gunakan bisa menangkap sinyal 3G / HSDPA. Ada 3 cara agar modem yang kita gunakan bisa mendapatkan sinyal 3G / HSDPA walaupun kita berinternetan di dalam rumah atau bahkan di dalam kamar. Bacalah artikel ini hingga selesai agar kawan bisa memutuskan apa yang harus digunakan untuk memaksimalkan tangkapan sinyal pada modem kita.

Memaksimalkan dan Meningkatkat Sinyal / Jaringan Modem

1. Menggunakan USB Extender (Kabel USB)
cara memperkuat sinyal hsdpa / evdo modemDengan menggunakan USB Extender inilah sekarang sinyal di modem GSM yang saya gunakan naik secara drastis. Yang tadinya hanya 1 bar sinyal 3G (kadang ada, kadang juga tidak ada sama sekali), sekarang bertambah menjadi 3 bar dan stabil, jaringan 3G-nya tidak pernah hilang. Dan kecepatan akses hingga 128 kbps setelah kuota habis yang diberikan axis bisa dicapai dengan bantuan USB Extender.

Kondisi yang sama juga dialami oleh kawan saya pengguna modem smartfren. Dengan USB extender, tampilan sinyal EVDO menjadi full bar alias penuh. Hingga koneksi internet pun menjadi cepat.

USB extender memungkinkan kita untuk menempatkan modem pada tempat yang lebih tinggi agar sinyal tidak terhalang oleh benda-benda di sekitar modem. Jadi tidak terjadi kontak langsung antara modem dengan port USB laptop atau komputer. Sehingga modem tidak panas, hanya sedikit hangat. Harga dari USB Extender ini tidak terlalu mahal, mungkin tergantung kualitas juga. Terakhir kali saya membeli USB Extender dengan harga Rp 75.000,- panjang 10 meter. Batas maksimal untuk digunakan pada modem adalah 10 meter. Karena jika lebih dari itu, modem tidak akan berfungsi. Minta dicek dulu sebelum membeli, paling tidak menggunakan flashdisk apakah terbaca (conect) pada komputer atau tidak.

2. Menggunakan Antena Yagi (Antena Luar)
Jika di daerah kawan memang sama sekali tidak ada sinyal dan kebetulan mempunyai dana lebih, belilah antena Yagi. Antena ini akan bisa berfungsi dengan baik untuk mendongkrak sinyal yang lemah. Sebetulnya jenis antena ini jika kita mau repot, bisa dibuat sendiri dengan biaya yang murah. Coba saja untuk browsing di google.

Yang perlu diperhatikan adalah memilih jenis antena luar yang tepat untuk tipe jaringan modem. Apakah itu tipe jaringan GSM atau CDMA. Karena keduanya berjalan pada jalur frekwensi yang berbeda.

3. Menggunakan Antena Portable
cara memperkuat sinyal hsdpa / evdo modemAntena ini terkesan paling praktis dari kedua alat bantu yang disebutkan di atas. Waktu saya jalan-jalan di toko elektronik di Jakarta, banyak yang menjual jenis antena portable. Kita dapat menggunakan antena modem portable jika di rumah kita kondisi jaringan tidak stabil (naik-turun). Jika kawan hendak membelinya lewat internet, juga banyak toko online yang menjual antena portable.

Antena portable ini dipasang sedemikian rupa dengan mencolokkan sebuah plug pada badan modem yang mungkin sebagian kawan belum mengetahui ini. Sebelum memutuskan untuk membeli, cerdaslah dalam memilih. Selalu minta untuk mencobanya terlebih dahulu. Mungkin kawan perlu membawa modem milik sendiri untuk dicoba di toko yang yang menjual antena modem portable.

Menggunakan DNS Alternatif Saat Bandwith Terasa Lambat

Ini merupakan langkah pendukung dari langkah-langkah di atas. Mungkin ada saatnya dimana saat jam kerja sibuk, walaupun tampilan sinyal pada modem kita penuh tapi kecepatan internet tidak bisa maksimal. Kondisi ini terjadi karena server DNS dari ISP yang kita gunakan sedang sibuk melayani jutaan permintaan dari banyaknya pengguna internet pada saat itu. Untuk itu kita perlu mengganti settingan DNS secara manual. Kita bisa mencarinya telebih dahulu dengan DNS Jumper untuk mencari DNS terbaik dan tercepat pada saat itu. Tutorialnya akan saya tulis pada postingan berikutnya.

Itulah sepenggal tips internet yang bisa disampaikan pada postingan kali ini. Saya akan coba menyajikan tips atau pun hanya sekedar info yang dirasa berguna dalam arti tidak asal posting. Selamat mencoba tips di atas, semoga berhasil.

Available link for download